Tuesday, April 3, 2012

PENGALAMAN TES MASUK SMKN 1 KARAWANG

assallamualaikum

anda yang membaca ini mungkin ingin tahu bagaimana jalannya tes masuk ke smkn 1 karawang, atau hanya tidak sengaja masuk ke blog ini hehehe. kebetulan saya siswa smkn 1 karawang angkatan 2012 jurusan teknik permasinan 1. saya akan membagi pengalaman saya kepada adik-adik semua.

SMKN 1 KARAWANG adalah smk bertaraf internasional dan cukup favorit di karawang, jadi untuk masuk kesini menurut saya cukup mudah asalkan kita yakin, mau berusaha, dan berdoa. insyaallah bisa. aminn,,,
disekolah ini tidak ada yang namanya tauran, mereka dididik agar memiliki intregritas tinggi dan mampu bersaing di lingkungan industri. tauran itu tidak ada dalam kamus smkn 1 karawang !!! Jadi siswa yang masuk kesini adalah siswa yang mau belajar bersungguh-sungguh, dan lulusannyapun siap kerja ,jika ada yang mau melanjutkan kuliah tentu sangat bisa dan selalu di bantu oleh pembingbing. ada pun program pertukaran pelajar ke amerika, dan program pemagangan ke jepan melalui PT JIAEC. 

Tahap pertama (1)  seleksi andministrasi
- anda harus sering cari informasi, biasanya setelah UN pendaftaran sudah dibuka (jadi jangan menunggu   mendapat izasah dulu baru cari informasi)
- kumpulkan persyaratan yang diminta secepatnya ( tambahkan setifikat-sertifikat organisasi jika ada ,biasanya yang memiiki ini lebih dipertimbangkan) 
- setelah lengkap biasanya langsung melanjutkan ke tes fisik dan buta warna

Tahap kedua (2) tes fisik dan buta warna
- kita disuruh buka pakaian 60% hanya memakai celana saja untuk dilihat apakan bertato atau tidak ( kecuali wanita )
- cek tinggi badan 
No
Program Keahlian
Tinggi badan Perempuan (min)
Tinggi badan Laki-laki (min)
1.
Teknik Pemesinan
150 cm
155 cm
2.
Teknik Pengelasan
150 cm
155 cm
3.
Teknik Gambar Bangunan
145 cm
150 cm
4.
Teknik Kendaraan Ringan
150 cm
155 cm
5.
Teknik Sepeda Motor
150 cm
155 cm
6.
Teknik Pemanfaatan Instalasi Listik
150 cm
155 cm
7.
Teknik Eletronika Industri
150 cm
155 cm
8.
Teknik Komputer Jaringan
140 cm
145 cm
9.
Rekayasa perangkat Lunak
140 cm
145 cm
- disuruh jalan lurus ,(badan harus tegap dan jalan harus sesuai jalur yg di tentukan
- kemudian tes buta warna (hanya disuruh membaca angka yang ada didalam banyak warna yang di tunjuk )
- jika lolos di tahap ini membayar biaya pendaftaran sebesar 75.000 itu saat tahun 2009 hehe, jika tidak lolos maka tidak perlu membayar

Tahap ketiga (3) tes kemampuan akademik
- tes soal soal pelajaran smp seperti matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris, dan TIK
  (hampir seperti pelajaran un tapi tidak terlalu sulit )

tahap ke empat (4) Tes Psikologi (Psycho test) meliputi Minat dan Bakat (Atittude Test) dan kepribadian
      (seperti tes psikologo pada biasanya)

tahap kelima (5) wawancara (menggunakan bahasa inggris)
- di tahap ini kita akan di wawancara mengenai diri kita ,siapa nama anda, tempat tanggal lahir, alamat ,nilai rata-rata anda, mengeja nama anda misanya "budi" b u d i, kemudian di suruh membaca sebuah bacaan dan mengartikannya (boleh dicampur menggunakan bahasa indonesia asalkan anda mengerti apa yang dibicarakan si pewawancara).
tahap  ke enam (6) wawancara anda dan orang tua 
- tenang, di tahap ini tidak menggunakan bahasa inggris, hehe.
- orang tua hanya di tanya kegiatan anak sehari-hari dan intinya ditanya soal biaya sekolah sanggup tidaknya orang tua membiyayai, jika tidak , ada beasiswa kalau tidak salah

tahap ketujuh (7) tes khusus sesuai dengan program keahlian
- kalau dulu tes ini di gabungkan dengan tes psykologi, tapi tes ini intinya hanya ingin tahu apakah anda tahu tentang jurusan yang anda pilih, jangan sampai anda ingin masuk jurusan otomotif atau mesin anda tidak tahu sama sekali tentang apa itu mesin bubut ,apa itu seher

tahap terakhir anda tinggal menunggu hasil tes ! diterima atau tidak ! itu sesuai dengan hasil yang anda usahakan selama ini, yang penting anda terus berdoa kepada ALLAH SWT .

terimakasih
wassalamualaikum wr.wb




11 comments:

  1. thank's infonya kak :) semoga saya dapat masuk SMKN 1 Karawang amiiinnn.......

    ReplyDelete
  2. Waduh Jadi Takut Nih, Denger ada test MTK..
    wkwkwkwkwkkkk

    ReplyDelete
  3. Anonymous12:38 PM

    terima kasih kak ..

    mudah"an saya bisa masuk ke SMKN 1 KARAWANG ...
    Aamiin .. :)

    ReplyDelete
  4. itu kok ada acara buka baju segala yaa.?? ==a

    sumpah aku takut bgt meskipun aku cowok u,u



    ummm,,, semoga aja keterima nanti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya cuma di periksa ada bekas tato atw tidak
      ya semoga keterima ya :)

      Delete
  5. kak, kalo PPDB 2013 kapan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba sering sering aja, ke main ke smkn 1 krw, biar lebih jelas nya :)

      Delete
  6. Anonymous11:54 AM

    Kak, itu yg cek tinggi badan masih berlaku smpe tahun ini?

    ReplyDelete